Hitungan Weton JAWA



 Dalam tradisi masyarakat Jawa, kebanyakan orang tua masih mempercayai bahwa kecocokan atau nasib kehidupan rumah tangga ditentukan oleh weton kelahiran masing-masing pasangan pengantin.

   Sejak jaman dahulu nenek moyang kita telah mempunyai suatu perhitungan yang khusus digunakan untuk meramalkan suatu perjodohan.

   Kecocokan pasangan itu bisa dihitung dari weton kelahiran masing-masing karena weton mengandung watak dan nasib seseorang.
jika hasil perhitungan weton kedua pasangan tidak ditemukan hasil yang baik, untuk meminimalkan kemungkinan buruk yang mungkin bisa terjadi, akan dilakukan ruwatan atau memilih hari pernikahan khusus dan tertentu.

  Namun  kini sayang sekali, seiring perkembangan zaman yang sudah sebegitu majunya seperti yang kita rasakan saat ini. Masyarakat "Orang Jawa khususnya'' sudah mulai yang jarang menggunakan hitung-hitungan weton nya dalam memulai sesuatu hal besar layaknya yang dilakukan orang-rang Jawa seperti dahulu. Meskipun masih ada orang-orang yang tinggal di pedesaan menggunakannya, namun jumlahnya tidak banyak.

   Mari kita belajar bersama
Cara mengetahui Jodoh dengan penghitungan neptu:

1.  Tentukan hari kelahiran dan pasaran  atau weton masing-masing pasangan baik pria maupun wanita.
2. Tentukan neptu masing-masing, kemudian jumlahkan.



Daftar hasil perhitungan :

1. PEGAT.
2. RATU.
3. JODOH.
4. TOPO.
5. TINARI.
6. PADU.
7. SUJANAN.
8. PESTHI.
9. PEGAT.
10. RATU.
11. JODOH.
12. TOPO.
13. TINARI.
14. PADU.
15. SUJANAN.
16. PESTHI.
17. PEGAT.
18. RATU.
19. JODOH.
20. TOPO.
21. TINARI.
22. PADU.
23. SUJANAN.
24. PESTHI.
25. PEGAT.
26. RATU.
27. JODOH.
28. TOPO.
29. TINARI.
30. PADU.
31. SUJANAN.
32. PESTHI.
33. PEGAT.
34. RATU.
35. JODOH.
36. TOPO.

Berikut ini penjelasan menurut hasil dari penjumlahan weton tersebut:

1. PEGAT
      Jika hasilnya tiba pada PEGAT, maka kemungkinan pasangan tersebut akan sering menemukan masalah di kemudian hari, bisa itu dari masalah ekonomi, kekuasaan, perselingkuhan yang bisa menyebabkan pasangan tersebut bercerai atau pegatan.

2. RATU
  Jika hasilnya tiba pada RATU, bisa dikatakan pasangan tersebut memang sudah jodohnya. Dihargai dan disegani oleh tetangga maupun lingkungan sekitar. Bahkan banyak orang yang iri akan keharmonisannya dalam membina rumah tangga.

3. JODOH
    Jika hasilnya tiba pada JODOH, berarti pasangan tersebut memang beneran cocok dan berjodoh. Bisa saling menerima segala kelebihan dan kekurangannya. Rumah tangga bisa rukun sampai tua.

4. TOPO
  Jika hasilnya tiba pada TOPO, dalam membina rumah tangga akan sering mengalami kesusahan di awal-awal namun akan bahagia pada akhirnya. Masalah tersebut bisa saja soal ekonomi dan lain sebagainya. Namun pada saat sudah memiliki anak dan cukup lama berumah tangga, akhirnya akan hidup sukses dan bahagia.

5. TINARI
  Jika hasilnya tiba pada TINARI, itu berarti akan menemukan kebehagaiaan. Gampang dalam mencari rezeki dan tidak sampai hidup kekurangan. Hidupnya juga sering mendapat keberuntungan.

6. PADU
   JiKa hasilnya tiba pada PADU, berarti dalam berumah tangga akan sering mengalami pertengkaran. Namun meskipun sering bertengkar, tidak sampai membawa ke dalam perceraian. Masalah pertengkaran tersebut bahkan bisa dipicu dari hal-hal yang sifatnya cukup sepele.

7. SUJANAN
Jika hasiknya tiba pada SUJANAN, maka dalam berumah tangga akan sering mengalami pertengkaran dan masalah perselingkuhan. Bisa itu dari pihak laki-laki maupun perempuan yang memulai perselingkuhan.

8. PESTHI
   Jika hasiknya tiba pada PESTHI, berarti dalam berumah tangga akan rukun, tenteram, adem ayem sampai tua. Meskipun ada masalah apapun tidak akan sampai merusak keharmonisan keluarga.



Nah, demikianlah sekilas penjelasa  mengenai hitungan neptu Jawa dan cara menghitung weton yang bisa kami sampaikan. Setelah memahami artikel ini, kami harap kalian bisa dan paham cara mengetahui jodoh dengan menghitung weton jawa sudah Anda kuasai. Cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat dan dapat membantu mengenalkan kembali budaya Jawa yang hampir punah ini.
Jangan lupa di share supaya teman dan saudara kita juga bisa dan paham tentang weton jawa.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KETAHUILAH KENAPA PRIA LEBIH SUKA DENGAN WANITA GEMUK

Buat Apa Memilih JOKOWI Lagi Menjadi Presiden INDONESIA